Ngabuburit Nambah Wawasan Ikut Walking Tour Jelajah Malang

Ngabuburit merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan di Bulan Ramadan. Awal mula tradisi ngabuburit di Bulan Ramadan ini dilakukan di tahun 1980-an. Kegiatan positiv yang dilakukan menjelang berbuka puasa ini diprakarsai oleh para pemuda di tanah pasundan khususnya Kota Bandung.

Kata ngabuburit sendiri berasal dari singkatan kalimat “ngalantung ngadagoan burit” yang artina “bersantai sambal menunggu waktu sore”. Yang kini artinya jadi kegiatan yang dilakukan untuk menunggu adzan maghrib menjelang waktu berbuka puasa di Bulan Ramadan.

Selama bulan puasa di tahun 2024 ini, apa saja nih kegiatan ngabuburit yang Sobat Bee lakukan. Untuk aku sendiri ada beberapa kegiatan yang aku lakukan untuk menunggu waktu berbuka, salah satunya adalah dengan ikut walking tour bareng Jelajah Malang.

Walking Tour

Apa sih walking tour itu? Walking tour merupakan tur jalan kaki menyusuri Kawasan wisata sebuah kota. Lebih ke city tour gitu, durasi jalannya bermacam-macam, umumnya 60 – 120 menit perjalanan.

Selama tur aka nada story teller yang menemani, peserta akan akan berhenti di beberapa spot-spot menarik. Strory teller akan memberi penjelasan pada spot-spot tersebut hingga berakhir di spot akhir perjalanan.

Kegiatan walking tour ini sudah banyak di temui di beberapa kota besar di Indonesia. Di Malang sendiri juga sudah ada penyedia layanan walking tour ini, salah satunya adalah Jelajah Malang.

Walking Tour Malang Bareng Jelajah Malang

Jelajah Malang merupakan operator tur yang khusus menyediakan jasa walking tour di Malang. Ada beberapa rute perjalanan yang bisa Sobat Bee coba.

Ada beberapa piliha tur yang bisa Sobat Bee pilih.

Regular Walking Tour

Merupakan tur rutin yang diadakan tiap hari Sabtu dan Minggu, untuk jadwal turnya selalu dibagikan tiap awal bulan di akun Instagram Jelajah Malang. Ada 2 pilihan waktu yang diberikan yaitu pagi hari start pukul 08.00 WIB dan sore hari start pukul 14.00 WIB.

Untuk mengikuti tur ini, Sobat Bee perlu mendaftar terlebih dahulu karena tur ini memiliki kuota.  Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi form pendaftaran yang terlah disediakan.

Untuk regular walking tour pembayarannya dilakukan di akhir perjalanan dengan system pay as your wish atau bayar suka-suka sesuai dengan kepuasan selama tur.

Private Walking Tour

Untuk private walking tour, Sobat Bee bebas memilih waktu dan rute yang diinginkan. Ada 6 pilihan rute yang bisa dipilih yaitu, Balaikota – Splendid, Pasar Besar – Pecinan, Kayutangan – Sekabrom, Idjen Boulevard, Tjelaket, dan Aloon-aloon.

Untuk biaya private walking tour sendiri sebesar Rp 300.000 (untuk 1 s/d 5 orang) dan Rp 350.000 (untuk 6 s/d 10 orang) berlaku kelipatannya. Pendaftaran private walking tour dilakukan maksimal 3 hari sebelum tur berlangsung.

Mini Tour Hotel Pelangi

Pada mini tour Hotel Pelangi ini, Sobat Bee akan diajak berkelilling hotel tertua di Malang. Selain mendapatkan cerita yang menarik tentang sejarah hotel tertua di Malang, Sobat Bee juga berkesempatan melihat langsung 22 lukisan Kota di Belanda yang hanya ada satu-satunya di Indonesia. Di akhir tour Sobat Bee akan diajak mencicipi bitter ballen, kudapan khas negeri kincir angin.

Untuk biaya mengikuti tur ini sebesar Rp. 55.000/pax sudah termasuk tip guide dan tea time di Lodji Caffe Hotel Pelangi. Pendaftarannya sendiri maksimal dilakukan H-3 perjalanan ya.

Ikut wakling tour bareng Jelajah Malang bisa jadi alternative yang Sobat Bee lakukan untuk ngabuburti tahun ini. Selain bisa mengisi waktu luang di sore hari sambil menunggu waktu berbuka, Sobat Bee juga bisa menambah wawasan tentang Kota Malang.


Tidak ada komentar

Posting Komentar