Rentetan Perjalanan Si Lebah Sibuk

Busy Bee

Budgeting Labuan Badjo 5 Hari 4 Malam 2022

traveling pulau komodo

Jujurly, sebenarnya perjalanan ke Labuan Badjo ini nggak ada dalam daftar rencana perjalanan aku di tahun 2022. Malah sebenarnya aku rencananya akhir Februari itu mau ke Solo – Semarang, tapi karena waktu itu kasus Covid19 melonjak akhirnya gagal pergi.

Perjalanan dadakan ini terjadi karena tiba-tiba aja ada temen yang ngajak jalan ke Labuan Badjo. Karena emang pingin ngerefresh otak dan badan setelah ke hetic-an kerjaan di akhir hingga awal tahun aku iya-kan aja ajakannya.

Awalnya mau ikut open trip aja karena cuman berdua mikirnya biar lebih mudah dan murah. Namun setelah diitung-itung ternyata habis banyak nih kalau ke Labuan Badjo pakai jasa tour travel. Biaya paket trip  untuk 2 hari saja dipatok mulai 1,5 juta hingga 3 jutaan. Itu semua belum termasuk tiket pesawat, transportasi, hingga biaya masuk tempat wisata.

Iseng-iseng nyoba ngitungin budgeting sendiri tanpa ikut travel agent. Setelah dihitung-hitung ternyata trip sendiri tanpa ikut travel agent jauh lebih murah. Banyak banget anggaran biaya yang bisa dipangkas dengan jalan-jalan sendiri di Labuan Badjo.

Berikut Rincian Budgeting Selama di Labuan Badjo Selama 5 Hari 4 Malam.

Transportasi

bandar udara internasional komodo
Bandar Udara Internasional Komodo

  • Malang – Surabaya

Aku berangkat dari Kota Malang, Jawa Timur. Karena di Malang nggak ada pesawat tujuan Bandara Internasional Komodo, aku beli tiket pesawat dengan rute Juanda, Surabaya – Bandara Internasional Komodo, Labuan Badjo.  

Untuk transportasi dari Malang ke Bandara Juanda, Surabaya aku menggunakan travel. Sebenarnya bisa lebih hemat lagi kalau kalian naik bis. Namun karena dapat penerbangan pagi, demi keamanan (takut ketinggalan cuy) aku pakai travel aja.

Biaya Travel dari Malang – Surabaya Rp. 150.000

  • Surabaya – Labuan Badjo

Setelah membandingkan harga tiket dari beberapa aplikasi, akhirnya nemu harga yang pas di aplikasi tiket.com. Selain itu kebetulan banget waktu itu ada promo potongan Rp. 100.000 untuk pembelian tiket pesawat dengan nominal di atas 1 juta rupiah.

Tiket pesawat PP Surabaya – Labuan Badjo yang awalnya Rp. 1.600.000 jadi Rp. 1.500.000.

  • Transportasi Selama di Labuan Badjo

Selama pandemi pihak hotel tidak melayani suttle bandara, jadi kami disarankan naik taxi aja. Awalnya mau naik taxi online aja, di Labuan Badjo sendiri untuk taxi online sementara hanya ada Grab saja. Tapi ternyata layanan Grab Car masih belum ada, hanya ada Grab Bike dan Grab Food aja.

Biaya taxi bandara umumnya Rp 50.000 sekali antar untuk hotel dekat pantai.

Untuk keliling Labuan Badjo, aku menyewa motor selama sehari. Harga sewa motor di sini sama sih kayak di kota-kota lain mulai dari Rp. 85.000, cuman di sini tu ada biaya antar jemput motor sebesar Rp. 10.000. Dan untuk harga bensinnya, karena jarang nemuin POM jadi kemarin tu beli bensinnya eceran. Untuk bensin 1 botol aqua besar (1500ml) harganya Rp. 20.000.

Di hari ke-empat aku pergi ke Kota Ruteng yang berjarak lumayan jauh dari Labuan Badjo, jadi aku sewa mobil untuk ke sananya. Harga sewa mobil di sini tu beda sama di kota-kota lain. Kalau biasanya kita sewa mobil itu kan mobil + driver, sedangkan untuk bensin kita beli sendiri. Sedangkan di sini tu kebanyakan fasilitas rental mobilnya itu mobil + driver + bensin.

Oleh sebab itu kalian harus konfirmasi ke rental nanti mobilnya mau dipakai ke mana saja. Karena mereka menghitungnya nggak cuma berapa jam mobil dipakai tapi juga jarak yang ditempuh.

Kemarin itu sempat miss communication aku sama pemilik rental mobilnya. Jadi aku kan mau sewa selama 1 hari untuk ke Kota Ruteng dari Labuan Badjo, dapat harga Rp. 1.000.000.

Rencana tujuannku ke 3 tempat yaitu Desa Todo, Kota Ruteng sama Lingko Spider Web. Ternyata Desa Todo dengan Kota Ruteng itu jaraknya lumayan jauh, pemilik rental minta tambahan biaya sebesar Rp. 700.000. Karena aku keberatan akhirnya kami hanya ke Desa Todo dan Lingko Spiderweb aja.

Jadi saran aku sebelum sewa mobil perjelas dulu sama pemilik rentalnya. Biar nggak ada yang merasa dirugikan.

Akomodasi

  • Penginapan

sunset di labuan badjo
Pemandangan Sunset

Ingin ngerasain bangun pagi buka jendela langsung liat laut, aku cari penginapan yang dekat dengan laut. Sudah kebiasaan ya kalau cari penginapan milih yang dapat free breakfast buat menghemat biaya makan. Setelah searching dapat penginapan dengan harga yang lumayan bagus sih yaitu Rp. 352.500/malam.

Untuk menghemat pengeluaran 2 malam terakhir aku pindah di daerah tengah kota. Penginapan tengah kota lebih murah, untuk permalam kemarin dapat harga Rp. 230.000.

  • Makan

Karena sudah dapat sarapan dari hotel, jadi untuk sehari cukup makan 2 kali saja. Di sepanjang jalan menuju pantai banyak banget warung rumahan, jadi nggak susah kalau mau cari makan. Harga makananan juga standart sih sekitar Rp 20.000 hingga Rp. 35.000 untuk sekali makan.

Jika ingin lebih hemat lagi, kalian bisa beli nasi bungkus di pedagang kaki lima dekat pantai. Harga untuk sebungkus nasi sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 doang. Murah bingit kan.

  • Oleh-oleh

Bingung juga sih awalnya mau beli oleh-oleh apaan, karena nggak tau makanan khas-nya Flores itu apa. Kalau beli kain tenun, harganya mulai Rp. 250.000 ke atas, dompet auto kering kerontang nih wkwkwk.

Pas ke Ruteng di kasi tau driver kami kalau ada jajanan khas Flores yang cocok buat dijadikan oleh-oleh yaitu kompiang. Kompiang ini sejenis roti tapi rada kering dengan taburan wijen di atasnya. Harganyapun ramah dikantong, untuk 1 box kompiang original isi 15 harganya Rp. 15.000.

Tiket Wisata

Desa adat camping todo
Desa Camping Todo

Total biaya yang aku keluarin untuk tiket wisata adalah Rp. 1.000.000, berikut rinciannya.

  • Sailing Komodo 1 Day Tour Open deck (Pesan di Traveloka experience dapat potongan 25%) harga awal Rp 600.000 jadi Rp 456.500
  • Tiket masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar Rp. 200.000
  • Tiket masuk Goa Rangko Rp. 20.000
  • Sewa kapal ke Goa Rangko (Satu kapal sebenernya bisa buat 6 hingga 10 orang ) Rp. 350.000, dibagi 2 jadi peranak Rp. 175.000.
  • Tiket masuk Cunca Wulang Rp. 25.000
  • Guide Cunca Wulang (1 guide maksimal membawa 10 orang) Rp 100.000 dibagi 2 jadi per-anak Rp. 50.000
  • Tiket Desa Todo Rp 40.000
  • Memberi persembahan di Desa Todo (seiklasnya) Rp. 25.000
  • Tiket Sawah Lingko Spiderweb Rp. 10.000

Jika di total semua mulai dari transportasi, akomodasi, hingga biaya untuk masuk tempat wisata. Biaya yang aku habiskan selama di Labuan Badjo 5 hari 4 malam sekitar Rp. 4.500.000.

Buat kalian yang mau traveling ke Labuan Badjo, agar lebih hemat sih saranku bepergian dengan banyak orang. Sehingga bisa sharing biaya untuk memangkas biaya pengeluaran.

 

 

 

Cari Uang Tambahan Buat Yang Hobi Jalan-jalan Dengan Memulai Bisnis Kosmetik

membuat produkm kosmetik sendiri
Source : pexels.com

Hobi jalan-jalan, nabung juga tetep jalan. Namun seringnya, setiap selesai traveling saldo di rekening juga mulai kering. Nah gimana sih biar hobi traveling tetep bisa jalan, tapi saldo di rekening tidak kering kerontang? Mencari uang tambahan solusinya.

Salah satu peluang bisnis yang berpeluang besar saat ini adalah bisnis kosmetik. Saat ini kebutuhan kosmetik hampir sama seperti kebutuhan pokok tiap orang. Kalau dulu kosmetik identic dengan kebutuhan wanita saja, kini kaum adam juga mulai menggunakannya.

Semakin berkembang luasnya produk kosmetik saat ini membuat mangsa pasar produk kosmetik tak hanya untuk kaum hawa, tapi juga untuk kaum adam. Karena kini produk kosmetik tak hanya berupa produk untuk make up saja namun juga untuk perawatan wajah dan kuit. 

Nah sekarang yuk cari tau gimana sih caranya untuk memulai bisnis kosmetik ini.

Cara Memulai Bisnis Kosmetik

Buat sobat bee yang ingin memulai bisnis kosmetik, tenang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis kosmetik ini. Sobat bee juga bisa kok memulai tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dahulu. Gimana caranya?

1. Jadi Dropshipper

Nggak punya modal? Tenang saja, sobat bee bisa memulai bisnis dengan modal  Rp 0, caranya sobat bee bisa mengawalinya dengan menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper sobat bee cuma perlu memasarkan produk kosmetik milik orang lain.

Menjadi dropshipper ini sangat mudah karena sobat bee tidak diharuskan membeli atau menyetok barang, sobat bee hanya perlu memasarkannya saja dan mengambil keuntungan dari penjualan produk tersebut. Ketika ada transaksi pembelian sobat bee cukup memesankan produk tersebut ke supplier. Nantinya supplier yang akan mengengemas dan mengirimkan barang tersebut ke pembeli.

2. Jadi Reseller

Hampir sama dengan dropshipper, ketika menjadi reseller sobat bee juga hanya perlu memasarkan produk kosmetik milik orang lain. Bedanya, jika menjadi reseller biasanya ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh supplier.

Misalkan saja ada biaya yang dibebankan saat mendaftar menjadi member. Kadang ada juga yang mensyaratkan untuk membeli produk dengan minimum pembelian. Jadi untuk sobat bee yang ingin menjadi reseller harus menyiapkan sedikit modal terlebih dahulu.

Namun dengan menjadi reseller sobat bee bisa mengontrol produk secara penuh. Sobat bee juga bisa mengetahui kualitas produk dan lebih mudah untuk memastikan ketersediaan produk.

3. Membuat Produk Kosmetik Sendiri

Buat sobat bee yang memiliki modal cukup besar, sobat bee bisa nih membuat produk kosmetik sendiri. Dengan membuat produk kosmetik sendiri, sobat bee bisa mengatur kosmetik seperti apa yang sobat bee inginkan. Selain itu sobat bee juga bisa menentukan harga dan profit sendiri.

bisnis kosmetik sendiri
Source : adev.co.id
Tertarik untuk membuat produk kosmetik sendiri? Sobat bee bisa menciptakan produk impian sobat bee di Maklon Kosmetik. Di sini sobat bee bisa menciptakan beragam produk kosmetik. Mulai dari sabun mandi, produk skincare, produk bodycare, produk lipcare, produk haircare hingga parfum dan wewangian.

Selain itu sobat bee juga akan mendapatkan konsultasi gratis dari bisnis konsultak Maklon Kosmetik. Sobat bee bisa mengonsultasikan masalah harga dan kandungan dari produk kosmetik yang sobat bee akan buat.

Selain itu setiap produk yang diproduksi oleh Maklom Kosmetik akan didaftarkan ke Badan POM. Sehingga produk kosmetik yang sobat bee ciptakan sudah berstandart BPOM.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa sobat bee lakukan untuk memulai bisnis kosmetik.  

 

  

 

Perjalanan Malang Tulungagung Dengan KA Lokal Penataran Dhoho

Udah lama rasanya nggak naik KA lokal antar kota. Kalo diingat-ingat terakhir naik KA lokal kayaknya 5 tahun lalu deh. Waktu itu ke Surabaya antar temen cari souvenir di Pasar Turi. Jadi naik kereta Dhoho Penataran arah Surabaya dan turun di Stasiun Surabaya Kota.

kereta api malang tulungagung
Pemandangan selama perjalanan menggunakan kereta

Nah minggu lalu aku emang ada plan buat ke Tulungagung buat nengokin Pus yang kebetulan lagi mudik. Pus ini adalah temen jalan-jalan aku waktu kerja di Jakarta dulu. Dan sampai sekarangpun kami masih sering jalan-jalan bareng.

Meski udah lama berteman tapi aku belum pernah sambang ke rumahnya sekalipun *teman macam apa ini*. Oleh sebab itu aku tanyalah ke doi, kalau mau ke sana gimana caranya? naik apa? Nanti berhentinya dimana? dan tetek bengek lainnya. Maklum lah ya aku belum pernah sekalipun ke Tulungagung jadi takut kesasar gitu.

Katanya mending naik KA lokal aja arah ke Tulungagung, nanti berhenti di Stasiun Ngunut. Nah pertanyaan selanjutnya naik kereta apa? 

Nama Kereta dan Rutenya

Ada beberapa jalur KA Lokal di Jawa Timur. Untuk area Jawa timur bagian barat ada 3 jalur kereta.

rute kereta penataran dhoho
Rute KA lokal yang tertempel di dinding kereta


1. KA Tumapel

KA Tumapel merupakan kereta dengan jalur Malang – Surabaya dan sebaliknya. Dari Kota Malang, awal keberangkatan KA Tumapel dimulai di Stasiun Kota Baru Malang – Blimbing – Singosari – Lawang – Wonokerto – Bangil – Porong – Tanggulangin – Sidoarjo – Gedangan – Waru – Wonokromo – Surabaya Gubeng dan berakhir di Stasiun Surabaya Kota. Jam berangkat KA Tumapel dari Stasiun Malang Kota Baru pukul 04.15 WIB dan dijadwalkan sampai di Stasiun Surabaya Kota pada pukul 07.16 WIB

Sedangkan Rute KA Tumapel yang dari Surabaya berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng lalu lanjut ke Wonokromo – Waru – Gedangan – Sidoarjo – Tanggulangin – Porong – Bangil – Lawang – Singosari – Blimbing dan berakhir di Stasiun Malang Kota Baru. Jam berangkat  KA Tumapel dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 20.45 WIB dan dijadwalkan sampai di Stasiun Malang Kota Baru pukul 23.25 WIB.

2. KA Penataran Dhoho dan KA Dhoho Penataran

KA Penataran Dhoho dan KA Dhoho Penataran sebenarnya adalah satu kereta dengan jalur yang berputar dari Surabaya ke Blitar terus Ke Tulungagung lanjut Ke Kediri dan kembali ke Surabaya lagi. Jadi jika sobat bee naik kereta ini dari Surabaya sobat bee bisa balik lagi ke Surabaya tanpa berpindah kereta.

Untuk rute Penataran Dhoho dimulai dari Stasiun Surabaya Gubeng – Wonokromo – Waru – Gedangan – Sidoarjo – Tanggulangin – Porong – Bangil – Lawang – Singosari – Blimbing – Malang Kota Baru – Malang Kota Lama – Kepanjen – Ngebruk – Sumber Pucung – Kesamben – Wlingi – Talun – Garum – Blitar – Rejotangan – Ngunut – Sumber Gempol – Tulungagung – Kras – Ngadiluwih – Kediri – Minggiran – Papar – Kertosono – Sembung – Jombang – Peterongan – Sumobito – Curahmalang – Mojokerto – Tarik – Krian – Sepanjang – Wonokromo – Surabaya Gubeng – Surabaya Kota. Dan rute sebaliknya untuk KA Dhoho Penataran.

Nah karena aku berangkat dari Malang menuju Ngunut, maka  rute tercepat yang aku ambil adalah dengan naik KA Penataran Dhoho dan pulangnya menggunakan KA Dhoho Penataran.

Baca juga : Sarapan Pecel Tumpang di Dekat Stasiun Blitar

Cara Membeli Tiket Kereta

Dulu untuk naik KA lokal harus datang ke stasiun pada hari H keberangkatan dan membelinya di loket stasiun. Kalau nggak pagi-pagi banget ke stasiun dijamin deh bakal kehabisan tiket atau kalaupun dapat biasanya dapat yang tanpa tempat duduk. Meski udah datang pagipun kadang juga masih kalah sama penumpang lain yang punya tiket langganan.

Dulu PT KAI emang mengeluarkan tiket langganan untuk penumpang. Penumpang yang memiliki tiket langganan bisa menggunakan tiket tersebut untuk naik kereta lokal tanpa batas. Tiket langganan ini biasanya bayarnya bulanan. Mereka yang membeli tiket langganan ini biasanya merupakan pekerja atau mahasiswa yang tiap hari harus pulang pergi menggunakan kereta.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini membeli tiket KA lokal menjadi lebih mudah. Karena kini PT KAI mempunyai aplikasi pembelian tiket kereta secara online yaitu KAI Access. Untuk tiket KA lokal sendiri bisa dibeli H-7 dari jadwal keberangkatan. Jadi  nggak perlu repot-repot lagi pergi ke Stasiun untuk membeli tiket KA lokal.

pemesanan tiket menggunaka KAI access
Tampilan beranda KAI Access


Begini cara pemesanan tiket lewat aplikasi KAI Access

  1. Download aplikasi KAI Access di Playstore
  2. Daftarkan diri dengan mengisi data-data pribadi seperti nama dan nomor KTP
  3. Pilih KA lokal
  4. Pilih Stasiun keberangkatan
  5. Pilih Stasiun yang dituju
  6. Pilih tanggal keberangkatan
  7. Pilih jumlah penumpang yang akan berangkat
  8. Lalu klik cari
  9. Nanti akan muncul KA lokal dan jadwal keberangaktannya, pilih jadwal keberangkatan sesuai dengan yang sobat bee inginkan.
  10. Lalu klik tombol bayar sekarang. Sobat bee bisa membayar menggunakan linkaja atau scan QRIS. Karena nggak punya linkaja, jadi aku lebih suka menggunakan scan QRIS karena bisa bayar pakai mobile banking atau dompet digital apa saja.

Jika sudah terbayar nanti sobat bee akan menerima tiket digital yang nantinya akan di gunakan untuk masuk ke KA lokal. Jadi nggak perlu cetak tiket di counter stasiun lagi, untuk masuk peron kalian cukup menunjukkan barcode tiket ke petugas dan memperlihatkan KTP asli saja. Mudah banget kan.

Harga Tiket

Harga tiket KA lokal kalo menurut aku murah banget, mungkin karena di subsidi sama pemerintah ya. Untuk KA Penataran Dhoho kemarin aku cuma bayar Rp 12.000 aja lho! Sedangkan untuk KA Tumapel aku lihat di aplikasi harganya Cuma Rp 10.000. Jadi perjalan PP Malang Tulungagung kemarin aku hanya ngabisin biaya Rp 24.000 doang. Perjalanan yang ramah banget dikantong hehe.

Sarapan Pecel Tumpang di Dekat Stasiun Blitar

Kalau sedang berada di daerah kulonan, sebutan untuk beberapa kota yang berada di  barat Kota Malang, nggak afdol kalau nggak sarapan pecel tumpang. Makanan khas daerah kulonan ini yaitu Kota Kediri, Tulungagung dan Blitar ini enaknya memang dinikmati waktu pagi hari.

Kemarin waktu aku berkunjung ke rumah seorang teman di Tulungagung dan karena rumahnya berada dekat dengan Stasiun Ngunut aku dianjurkan untuk naik kereta saja ke sananya. Setelah cek jadwal kereta, aku memutuskan untuk naik kereta Penataran Dhoho arah Kertosono.

Perjalanan dengan Kereta

Kereta penataran dhoho
Kereta Dhoho tujuan Malang-Kertosono

Aku ambil jadwal keberangkatan pagi pukul 07.25 WIB dari Stasiun Malang Kota. Menurut jadwal yang aku dapatkan perjalanan dari Kota Malang sampai Ngunut memakan waktu 3 jam 17 menit. Aku pikir emang jauh banget ya, karena aku belum pernah ke Tulungagung sama sekali.

Ternyata sebenarnya Malang Tulungagung nggak jauh lho, kalau naik bis setidaknya butuh waktu 2 jam perjalanan. Dan yang bikin lama itu karena harus berhenti lama di Stasiun Blitar dulu, karena berpapasan dengan kereta lain.

Kereta sampai di Stasiun Blitar sekitar pukul 09.15 WIB dan akan berangkat kembali pada pukul 10.20 WIB. Ada waktu sekitar 1 jam untuk menunggu, karena merasa jenuh berada di dalam kereta akhirnya aku memutuskan untuk jalan keluar stasiun cari udara segar.

Terus kepikiran deh mau cari sarapan karena tadi pagi belum sempet buat sarapan. Mikir deh mau sarapan apa ya? Terus keingat makanan khas Blitar yaitu pecel tumpang.

Pecel Tumpang

Buat sobat bee yang tinggal di daerah Blitar atau Kediri mungkin nggak asing lagi sama yang namanya pecel tumpang. Namun buat sobat bee yang tinggal diluar daerah itu pasti bertanya-tanya ‘apa sih pecel tumpang?’, ‘apa bedanya sama pecel biasanya?’. Aku juga pertama kali tau tentang pecel tumpang saat ngekos di Pare, Kabupaten Kediri.

Pecel tumpang blitar
Pecel dengan sambal tumpang
Pecel tumpang memang hampir sama sih sama pecel-pecel biasanya. Makanan yang terdiri dari nasi, sayur-sayuran masak yang di guyur saus kacang. Yang membedakan pecel tumpang dengan pecel biasanya adalah sambal tumpangnya. Kalau pecel biasa hanya di guyur dengan saus kacang, sedangkan pecel tumpang ditambahi dengan sambal tumpang.

Sambal tumpang merupakan sambal yang dibuat dari tempe basi (tempe busuk) yang diberi bumbu bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, kemiri, kencur, daun jeruk purut, daun salam, laos, santan, tepung beras dan dimasak dengan ayam, kadang juga dengan rambak (kulit sapi).

Tidak semua tempe bisa digunakan. Hanya daerah tertentu saja yang dapat menghasilkan tempe yang dapat basi sesuai dengan yang diinginkan. Bahkan tempe Malang pun tak bisa digunakan sebagai bahan sambal tumpang, karena tidak bisa basi sesuai dengan kriteria sambal tumpang. Kalaupun dipaksakan dibuat bahan, maka rasanya tidak dapat seenak aslinya.

Pecel Tumpang dekat Stasiun Blitar

Warung pecel dekat stasiun blitar


Setelah jalan keluar dati stasiun aku langsung searching warung pecel tumpang yang dekat dengan stasiun. Akhirnya aku nemu warung pecel tumpang Simpang Mawar yang bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki selama 5 menit. Deket banget kan!

Jadi dari pintu keluar stasiun sobat bee tinggal berjalan lurus aja lalu belok kiri masuk ke area pertokoan. Lalu jalan lurus aja hingga keluar area pertokoan. Setelah itu sobat bee tinggal menyebrang jalan dan jalan terus masuk ke Jalan Simpang mawar.

Di sepanjang jalan simpang mawar sobat bee akan melewati beberapa toko bunga imitasi, tukang pigura dan toko kerajinan tangan. Warung Pecel Tumpang Simpang Mawar tak terlalu jauh dari gang, berada di kiri jalan.

Menu yang Disajikan

Aneka gorengan
Berbagai macam lauk yang disajikan

Ada banyak sekali menu makanan yang disajikan. Mulai dari pecel tumpang, rawon, soto hingga nasi campur. Karena emang ingin sarapan pecel tumpang, akupun memesan seporsi pecel tumpang. Untuk lauknya kalian bisa memilihnya sendiri. Ada sate usus, sate telur puyuh, telur ceplok, bakwan goreng, tempe goreng, ada terong goreng juga lho. Lengkap banget dan tentunya sangat menggugah selera. Untuk minumannya aku memesan teh panas.

Tak lama setelah memesan, makananku pun datang. Dan sesuai dengan ekspektasiku rasanya eundes banget. Saus kacangnya terasa manis gurih, dan sambal tumpangnya mantab banget ketika bercampur dengan saus kacang. Sedikit pedas, gurih dan tempenya empuk.

Untuk seporsi pecel tumpang lauk sate telur puyuh dan segelas besar teh panas, aku hanya membayar Rp. 12.000. Murah banget kan! 

Lokasi dan Jam Buka

Warung Pecel Tumpang Simpang Mawar ini berada di Jalan Simpang Mawar, Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur 66121.

Warung ini buka Rabu hingga Senin mulai pukul 06.30 WIB hingga 12.00 WIB. Dan tutup setiap hari selasa.