Spikoe Hana, Oleh-oleh Kue Legendaris Malang

oleh-oleh khas malang
Toko Kue Spikoe Hana

Malang, nggak cuma terkenal dengan kripik tempe dan kripik buahnya aja lho! Ada banyak jenis oleh-oleh khas Malang yang bisa kalian beli sebagai buah tangan teman di rumah. Kalau mau cari oleh-oleh khas Malang yang authentic dengan cita rasa khas, Spikoe Hana jawabannya.

Apa Itu Kue Spiku?

Spiku atau Spekkoek adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia. Kata ‘spiku’ berasal dari Bahasa Belanda ‘spek’ yang berarti lemak daging babi dan ‘koek’ yang berarti kue. Meskipun kata ‘spek’ pada spiku berarti lemak daging babi, kue spiku tidak menggunakan bahan daging babi dalam pembuatannya. Dikatakan lemak daging babi karena spiku memiliki banyak lapisan seperti lemak pada perut babi.

Kue ini berkembang pada masa Kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Para penjajah Belanda sering memproduksi kue spiku kemudian dimodifikasi dan diadaptasi oleh keturunan Tionghoa di Indonesia. Dengan menambahkan kayu manis, cengkeh, pala dan adas manis.

Spikoe Hana

oleh-oleh khas malang
Macam-macam kue Spikoe Hana

Spikoe Hana merupakan produsen kue Spiku di Malang yang sudah berdiri sejak tahun 1941. Spiku khas mereka adalah spiku 3 lapis warna kuning coklat kuning dengan aroma rasa khas rempah di dalamnya  dalamnya.

Kue ini merupakan kue yang dibuat dengan cara tradisional dan bebas bahan pengawet. Cita rasanya masih sama dengan saat pertama kali kue ini diproduksi, karena resep kue Spikoe Hana masih menggunakan resep asli yang diwariskan secara turun-temurun.

Sejarah Spikoe Hana

Resep spikoe Hana berawal dari Ny Kho Siep Nio yang lahir pada tahun 1900 di Kota Malang. Tempat pembuatan awal kue spikoe ini dilakukan di rumahnya yang terletak di Jalan Zaenal Zakse II / 2241 Malang. Lalu resep kue spikoe / lapis Malang ini diteruskan oleh putrinya Ny Liem Kwie Nio yang lahir pada tahun 1918. Pada masa itu, Ny Kho Siep Nio dan Ny. Liem Kwie Nio terkenal sebagai pembuat lapis Malang, sosis broed, kue basah dan aneka kue kering.  

Lalu resep kue spikoe ini oleh Ny Liem Kwie Nio diturunkan kepada salah satu putrinya yaitu Ny. Tan Siem Nio yang lahir pada tahun 1941. Perusahaan spiku merk Hana pertama kali dibentuk berlokasi di Jalan Natuna no 12 Malang. Lalu kemudian berpindah ke Jalan Simpang Grindulu no.1 Malang.

Seiring berjalannya waktu Spiku Hana atau lapis Hana mulai banyak dikenal oleh masyarakat Kota Malang dan luar Malang hingga luar negeri.

Sampai saat ini Kue Spikoe Hana masih mempertahankan resep asli warisan turun temurun dari generasi sebelumnya. Sehingga menciptakan cita rasa yang khas Malang jika dibandingkan dengan kue Spikoe lainnya.

Harga

oleh-oleh khas malang
Kisaran harga Kue Spikoe

Kini jenis kue spikoe yang diproduksi di Toko Spikoe Hana ada bermacam-macam. Tak hanya spikoe lapis 3 tapi juga ada Spikoe lapis 4, spikoe gulung (roll), spikoe lapis 5, Oni Bijtkoek dan lain-lain. ukurannya pun ada berbagai macam, mulai yang berukuran mini hingga ukuran standart.

Harga kue spikoe beraneka ragam tergantung dengan jenis kue dan ukurannya. Harga kue dipatok mulai dari Rp. 32.000 hingga ratusan ribu.

Lokasi  

Untuk bisa membeli oleh-oleh kue spikoe Hana kalian bisa mengunjungi tokonya yang kini berada di Jalan Tumenggung Suryo No 28 (Bengawan Solo). Atau bisa menghubingi nomor (0341) 474684 jika ingin melakukan pesanan kue.


Tidak ada komentar

Posting Komentar