Berburu Kue Kering Cita Rasa Belanda di Toko Kue Madjoe

Tak terasa, lebaran tinggal menghitung hari aja. Gimana nih udah mulai nyetok kue kering di rumah belum? Ingin bernostalgia dengan suasana lebaran kembali ke masa-masa kolonial Belanda? Kalian bisa membeli kue kering dengan cita rasa asli Belanda di Toko Kue Majoe yang berada di Kawasan Pecinan, Pasar Besar Malang.

toko kue legendaris malang
Toko Kue Madjoe

Berbagai macam jenis kue-kue kering yang dijual di Toko Madjoe ini dibuat dengan tetap mempertahankan cita rasa aslinya sejak pertama kali toko ini di buka. Resep yang digunakan merupakan resep yang di wariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi hingga saat ini jatuh pada generasi ke lima.

Baca juga : Spikoe Hana, Oleh-oleh Kue Legendaris Malang

Sejarah Toko Madjoe

Toko kue ini dulunya hanya merupakan halaman saja. Di belakang adalah rumah besar yang tembus dampai Jalan Wiro Margo. Sepeninggal buyutnya barulah tanah ini dibagikan ke saudara-saudaranya. Pemilik pertamanya bernama The Tjoe Kam.

Toko kue kering ini didirikan oleh The Djie Hiap pada tahun 1930. Karena pada kala itu banyak orang Belanda yang datang dan tinggal di Malang. Budaya mereka adalah tea time sambil makan kue kering.

Melihat hal tersebut The Djie Hiap berinisiatif untuk membuat dan menjual kue kering. Kue kering yang dijual sebagian besar menggunakan bahan dasar rempah yang disukai oleh orang Belanda. Sehingga Toko ini menjadi populer di kalangan warga Belanda. Dan menjadi promadonanya Toko Kue kala itu.

Macam Kue Kering Legendaris

kuliner malang
Pajangan Kue Kering

Ada setidaknya 25 macam kue kering yang dijual di Toko Madjoe ini hingga saat ini. Aneka kue ini disimpan dan dipajang dalam toples-toples kaca yang tertata rapi di rak kayu bercat biru telur asin yang menjadi warna identik toko ini.

Semua kue kering ini diproduksi sendiri, di mana tempat produksinya berada di rumah yang terletak di belakang toko. Produksi kue ini masih menggunakan oven kuno dengan tabung minyak tanah yang masih terawatt dengan baik.

Kue kering yang dijual diantaranya adalah kue jahe, kransyes, jan hagel, speculas, kaasstengels, boterkoek, banket, semprit vanila dan coklat, kue kenari, nastar, sagon, coklat kacang dan lain-lain.

Saat menjelang Lebaran atau Natal banyak sekali pelanggan yang membeli kue di Toko ini. Sehingga, kalau tidak gerak cepat membeli dapat dipastikan bakal kehabisan.

Baca juga : Berkeliling Kota Malang Gratis Dengan Bus Macito

Harga

kue kering cita rasa belanda
Kue Kering dari Toko Madjoe

Cara penjualan kue di sini berbeda dari toko-toko kue kering pada umumnya, karena kue tidak di kemas di dalam toples-toples kue kecil. Pengunjung yang akan membeli kue bisa memilih kue yang ready di toples dan menyebutkan berapa banyak kue yang akan diinginkan, di mana minimal pembelian kue adalah 100gr. Nanti, akan langsung di ambilkan dari toples yang memang di pajang di sana. Kue-kue yang ready adalah kue yang ada dalam toples-toples pajangan di rak.

Harga per-100gr kue bermacam-macam dimulai dari harga Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000. Karena bisa beli per 100gr kalian bisa nyobain berbagai macam jenis kue yang dijual di sana tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Lokasi dan Jam Buka

Toko Kue Madjoe ini berada di jalan Pasar Besar No 30B, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Jika kalian berangkat dari alun-alun merdeka, lurus saja hingga sampai perempatan. Di perempatan kalian belok kiri. Toko Kue Madjoe berada di sebelah kanan jalan, bangunan dengan jendela kaca besar bercat biru telur asin. Berada persis di sebrang Toko Papinja.

Jam buka toko

Senin – Jumat      : 08.00 WIB – 17.00 WIB

Sabtu                   : 08.00 WIB – 17.30 WIB

Minggu                : 08.00 WIB – 13.00 WIB


Tidak ada komentar

Posting Komentar