Oleh-oleh Khas Belitung yang Wajib Banget di Beli

kulit ikan krispi khas belitung
Doc. Pribadi

Belitung, Negeri Laskar Pelangi  ini memang terkenal akan keindahan alamnya, terutama pantai-pantainya. Tak hanya memiliki alam yang indah, makanannya pun enak-enak. Karena merupakan daerah pantai, makanan Belitung identic dengan makanan laut.

Setelah mencicipi makananan Belitung, ingin banget sih membawa makanan cita rasa Belitung ini ke rumah biar orang-orang di rumah bisa juga merasakan enaknya makanan khas Belitung. Awalnya bingung mau belikan jajanan apa yang awet dan ringkas untuk bisa di bawa pulang.

Lalu nemulah beberapa toko oleh-oleh di Tanjung Pandan yang berisi banyak sekali jajan khas Belitung yang cocok banget dibawa buat oleh-oleh.

Oleh-oleh Khas Belitung

Ada berbagai macam oleh-oleh khas Belitung yang wajib banget buat di beli. Mulai dari makanan ringan seperti krupuk atau keripik, hingga minuman sari rasa atau sirup.

1. Kulit Ikan Krispi

Kulit ikan krispi ini merupakan kripik favorit aku nih, karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renya. Berbahan dasar kulit ikan yang lapisi tepung krispi yang telah dicampur dengan bumbu-bumbu khas Belitung.

Bentuknya kecil-kecil jadi bisa dimakan sekali hap aja. Karena di lapisi dengan tepung krispi, rasa gurih ikannya baru terasa ketika kripik sudah hancur di mulut. Ada dua rasa kulit ikan krispi yang dijual yaitu original dan pedas.

Kulit ikan krispi original memilliki rasa gurih sedangkan untuk kulit ikan krispi pedas memiliki rasa gurih pedas yang nagihin.

2. Kerupuk dan Getas

Kemarin sempat beli oleh-oleh kerupuk dan getas udang dan cumi khas Belitung. Kerupuk dan getas ini bentuknya bulat tipis seperti kerupuk. Terbuat dari tepung tapioka dengan cita rasa ikan yang nikmat. Rasanya gurih dan renyah enak dinikmati sebagai pendamping makanan atau camilan ketika di rumah.

3. Sirup Jeruk Kunci

Doc. Pribadi

Baru tau tentang jeruk kunci ini ketika berada di Belitung. Bentuk jeruk kunci ini hampir sama dengan jeruk pada umumnya, berwatna hijau agak kekuningan dengan lebih kecil seukuran bola pingpong.

Namun rasanya berbeda dengan rasa jeruk lainnya. Pertama kali tau rasanya ketika pesan minum es jeruk kunci di sebuah rumah makan di Tanjung Pandan. Awalnya berekpektasi bakal sama rasanya serpeti jeruk manis pada umumnya. Namun ternyata rasa jeruk kunci ini memang manis dan ada sedikit kecut yang seger gitu. Jadi ketagihan deh.

Dan kebetulan banget waktu ke toko oleh-oleh nemuin sirup jeruk kunci, akhirnya belilah buat persediaan di rumah. Sirup jeruk kunci ini selain nikmat disajikan dengan air dingin atau es juga nikmat disajikan hangat-hangat buat menemani kala hujan.

Kalau ke Belitung jangan lupa ya buat beli oleh-olehnya.



Tidak ada komentar

Posting Komentar