Budgeting Labuan Badjo 5 Hari 4 Malam 2022

traveling pulau komodo

Jujurly, sebenarnya perjalanan ke Labuan Badjo ini nggak ada dalam daftar rencana perjalanan aku di tahun 2022. Malah sebenarnya aku rencananya akhir Februari itu mau ke Solo – Semarang, tapi karena waktu itu kasus Covid19 melonjak akhirnya gagal pergi.

Perjalanan dadakan ini terjadi karena tiba-tiba aja ada temen yang ngajak jalan ke Labuan Badjo. Karena emang pingin ngerefresh otak dan badan setelah ke hetic-an kerjaan di akhir hingga awal tahun aku iya-kan aja ajakannya.

Awalnya mau ikut open trip aja karena cuman berdua mikirnya biar lebih mudah dan murah. Namun setelah diitung-itung ternyata habis banyak nih kalau ke Labuan Badjo pakai jasa tour travel. Biaya paket trip  untuk 2 hari saja dipatok mulai 1,5 juta hingga 3 jutaan. Itu semua belum termasuk tiket pesawat, transportasi, hingga biaya masuk tempat wisata.

Iseng-iseng nyoba ngitungin budgeting sendiri tanpa ikut travel agent. Setelah dihitung-hitung ternyata trip sendiri tanpa ikut travel agent jauh lebih murah. Banyak banget anggaran biaya yang bisa dipangkas dengan jalan-jalan sendiri di Labuan Badjo.

Berikut Rincian Budgeting Selama di Labuan Badjo Selama 5 Hari 4 Malam.

Transportasi

bandar udara internasional komodo
Bandar Udara Internasional Komodo

  • Malang – Surabaya

Aku berangkat dari Kota Malang, Jawa Timur. Karena di Malang nggak ada pesawat tujuan Bandara Internasional Komodo, aku beli tiket pesawat dengan rute Juanda, Surabaya – Bandara Internasional Komodo, Labuan Badjo.  

Untuk transportasi dari Malang ke Bandara Juanda, Surabaya aku menggunakan travel. Sebenarnya bisa lebih hemat lagi kalau kalian naik bis. Namun karena dapat penerbangan pagi, demi keamanan (takut ketinggalan cuy) aku pakai travel aja.

Biaya Travel dari Malang – Surabaya Rp. 150.000

  • Surabaya – Labuan Badjo

Setelah membandingkan harga tiket dari beberapa aplikasi, akhirnya nemu harga yang pas di aplikasi tiket.com. Selain itu kebetulan banget waktu itu ada promo potongan Rp. 100.000 untuk pembelian tiket pesawat dengan nominal di atas 1 juta rupiah.

Tiket pesawat PP Surabaya – Labuan Badjo yang awalnya Rp. 1.600.000 jadi Rp. 1.500.000.

  • Transportasi Selama di Labuan Badjo

Selama pandemi pihak hotel tidak melayani suttle bandara, jadi kami disarankan naik taxi aja. Awalnya mau naik taxi online aja, di Labuan Badjo sendiri untuk taxi online sementara hanya ada Grab saja. Tapi ternyata layanan Grab Car masih belum ada, hanya ada Grab Bike dan Grab Food aja.

Biaya taxi bandara umumnya Rp 50.000 sekali antar untuk hotel dekat pantai.

Untuk keliling Labuan Badjo, aku menyewa motor selama sehari. Harga sewa motor di sini sama sih kayak di kota-kota lain mulai dari Rp. 85.000, cuman di sini tu ada biaya antar jemput motor sebesar Rp. 10.000. Dan untuk harga bensinnya, karena jarang nemuin POM jadi kemarin tu beli bensinnya eceran. Untuk bensin 1 botol aqua besar (1500ml) harganya Rp. 20.000.

Di hari ke-empat aku pergi ke Kota Ruteng yang berjarak lumayan jauh dari Labuan Badjo, jadi aku sewa mobil untuk ke sananya. Harga sewa mobil di sini tu beda sama di kota-kota lain. Kalau biasanya kita sewa mobil itu kan mobil + driver, sedangkan untuk bensin kita beli sendiri. Sedangkan di sini tu kebanyakan fasilitas rental mobilnya itu mobil + driver + bensin.

Oleh sebab itu kalian harus konfirmasi ke rental nanti mobilnya mau dipakai ke mana saja. Karena mereka menghitungnya nggak cuma berapa jam mobil dipakai tapi juga jarak yang ditempuh.

Kemarin itu sempat miss communication aku sama pemilik rental mobilnya. Jadi aku kan mau sewa selama 1 hari untuk ke Kota Ruteng dari Labuan Badjo, dapat harga Rp. 1.000.000.

Rencana tujuannku ke 3 tempat yaitu Desa Todo, Kota Ruteng sama Lingko Spider Web. Ternyata Desa Todo dengan Kota Ruteng itu jaraknya lumayan jauh, pemilik rental minta tambahan biaya sebesar Rp. 700.000. Karena aku keberatan akhirnya kami hanya ke Desa Todo dan Lingko Spiderweb aja.

Jadi saran aku sebelum sewa mobil perjelas dulu sama pemilik rentalnya. Biar nggak ada yang merasa dirugikan.

Akomodasi

  • Penginapan

sunset di labuan badjo
Pemandangan Sunset

Ingin ngerasain bangun pagi buka jendela langsung liat laut, aku cari penginapan yang dekat dengan laut. Sudah kebiasaan ya kalau cari penginapan milih yang dapat free breakfast buat menghemat biaya makan. Setelah searching dapat penginapan dengan harga yang lumayan bagus sih yaitu Rp. 352.500/malam.

Untuk menghemat pengeluaran 2 malam terakhir aku pindah di daerah tengah kota. Penginapan tengah kota lebih murah, untuk permalam kemarin dapat harga Rp. 230.000.

  • Makan

Karena sudah dapat sarapan dari hotel, jadi untuk sehari cukup makan 2 kali saja. Di sepanjang jalan menuju pantai banyak banget warung rumahan, jadi nggak susah kalau mau cari makan. Harga makananan juga standart sih sekitar Rp 20.000 hingga Rp. 35.000 untuk sekali makan.

Jika ingin lebih hemat lagi, kalian bisa beli nasi bungkus di pedagang kaki lima dekat pantai. Harga untuk sebungkus nasi sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 doang. Murah bingit kan.

  • Oleh-oleh

Bingung juga sih awalnya mau beli oleh-oleh apaan, karena nggak tau makanan khas-nya Flores itu apa. Kalau beli kain tenun, harganya mulai Rp. 250.000 ke atas, dompet auto kering kerontang nih wkwkwk.

Pas ke Ruteng di kasi tau driver kami kalau ada jajanan khas Flores yang cocok buat dijadikan oleh-oleh yaitu kompiang. Kompiang ini sejenis roti tapi rada kering dengan taburan wijen di atasnya. Harganyapun ramah dikantong, untuk 1 box kompiang original isi 15 harganya Rp. 15.000.

Tiket Wisata

Desa adat camping todo
Desa Camping Todo

Total biaya yang aku keluarin untuk tiket wisata adalah Rp. 1.000.000, berikut rinciannya.

  • Sailing Komodo 1 Day Tour Open deck (Pesan di Traveloka experience dapat potongan 25%) harga awal Rp 600.000 jadi Rp 456.500
  • Tiket masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar Rp. 200.000
  • Tiket masuk Goa Rangko Rp. 20.000
  • Sewa kapal ke Goa Rangko (Satu kapal sebenernya bisa buat 6 hingga 10 orang ) Rp. 350.000, dibagi 2 jadi peranak Rp. 175.000.
  • Tiket masuk Cunca Wulang Rp. 25.000
  • Guide Cunca Wulang (1 guide maksimal membawa 10 orang) Rp 100.000 dibagi 2 jadi per-anak Rp. 50.000
  • Tiket Desa Todo Rp 40.000
  • Memberi persembahan di Desa Todo (seiklasnya) Rp. 25.000
  • Tiket Sawah Lingko Spiderweb Rp. 10.000

Jika di total semua mulai dari transportasi, akomodasi, hingga biaya untuk masuk tempat wisata. Biaya yang aku habiskan selama di Labuan Badjo 5 hari 4 malam sekitar Rp. 4.500.000.

Buat kalian yang mau traveling ke Labuan Badjo, agar lebih hemat sih saranku bepergian dengan banyak orang. Sehingga bisa sharing biaya untuk memangkas biaya pengeluaran.

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar