Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024

Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal beberapa hari lagi, apa kabar nih sobat bee yang sekarang masih berada di perantauan? Udah pada mulai mempersiapkan diri belum buat mudik ke kampung halaman? 

mudik lebaran
Source : lombokpost.jawapos.com

Buat Sobat Bee yang bekerja atau mungkin sedang menutut ilmu di kota orang, momen hari raya seperti sekarang  ini menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu untuk pulang ke rumah. Di hari spesial seperti sekarang ini, bisa menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul kembali di rumah bersama orang tua dan sanak saudara.

Mudik lebaran bisa jadi merupakan kegiatan wajib yang dilakukan setahun sekali. Biar perjalanan mudik Sobat Bee lancar, aman dan nyaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berangkat. Apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat mudik?

1. Pastikan Kondisi Badan Sehat

Selalu jaga kondisi badan sobat bee, biar saat waktunya mudik badan tetap oke. Menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar selama perjalanan mudik ini bisa dilakukan dengan istirahat yang cuku, makan makanan sehat dan bila perlu mengkonsumsi vitamin atau suplemen Kesehatan serta melakukan olahraga ringan secara teratur.

Ketika mudik, kita melakukan perjalanan yang cukup panjang dan membawa barang bawaan yang cukup banyak. Selain itu kondisi lalu lintas juga dapat dipastikan crowded banget. Dengan kondisi badan yang prima diharapkan perjalanan mudik jadi tetap aman dan nyaman.

2. Persiapan Bekal Perjalanan

bekal mudik
Source : pexels.com

Mau mudik bawa kendaraan sendiri atau menggunakan transportasi umum, pastikan sobat bee bawa bekal makanan untuk perjalanan. Apalagi perjalanan ini dilakukan dalam kondisi sedang puasa. Membawa bekal menjadi alternative agar tidak kesusahan mencari tempat makan selama berada di dalam perjalanan. Bekal yang bisa sobat bee bawa seperti air mineral, makanan dan snack.

3. Sebelum Meninggalkan Rumah, Periksa Keamanannya

Saat mudik, rumah akan ditinggalkan selama beberapa hari lamanya. Kalau di perantauan ya bisanya nggak rumah kita aja yang kosong, tapi rumah-rumah sebelah alias tetangga kita juga pada mudik juga. Nah itu sebelum meninggalkan rumah pastikan terlebih dahulu kemanannya.

Cek semua barang elektronik tidak teralisi listrik, lampu di dalam rumah sudah dimatikan, kompor sudah dimatikan, tabung gas sudah dilepas dari kompor dan semua pintu sudah terkunci. Kalau memang di area rumah ada petugas keamanan bisa juga titip-titip biar rumahnya dijagain.

4. Buat List Perlengkapan Yang Dibawa

Kadang sangking semangatnya mau mudik kita jadi kalap nih bawa banyak barang. Akhirnya malah kerepotan sendiri di jalan karena tentengannya banyak. Padahal pas sampai kampung ada banyak yang ga kepakai, kan jadinya mubadzir ya.

Nah biar nggak terlalu banyak barang yang dibawa bikin list barang-barang kebutuhan selama nanti berada di kampung. Kalian bisa tuliskan berapa baju yang bakal di bawa nanti, sepatu atau alas kaki yang mau dipakai, tas hingga pakaian dalam.

Dan misal mau bawa oleh-oleh buat keluarga, masukkan ke dalam list perlengkapan yang di bawa. Setelah itu baru deh mulai packing ke dalam koper atau tas yang akan di bawa. Persiapkan perlengkapan mudik setidaknya H-1 sebelum berangkat. Agar ketika hari H berangkat sudah tinggal ngecek aja deh.

Nah itu tadi beberap tips yang bisa sobat bee lakukan untuk persiapan melakukan mudik lebaran. Selain tips diatas pastikan untuk transportasi sudah siap. Untuk yang bawa kendaraan pribadi pastikan mobil atau motornya dalam kondisi bagus. Dan untuk yang menggunakan transportasi umum, pastikan tiket sudah ditangan dan datang tepat waktu sesuai dengan jadwal keberangkatan agar tak tertinggal.


Tidak ada komentar

Posting Komentar