Agar Aktivitas Ketika Puasa Tetap Lancar, Perhatikan 4 Hal Ini!

Source : pexels.com

Saat berpuasa kadang jadi malas melakukan kegiatan, pinginnnya rebahan aja di kasur sampai adzan maghrib berkumandang. Namun sayangnya, ada banyak kerjaan yang harus dikerjakan tiap harinya. Biar puasa badan tetap fit dan bisa melakukan segala aktivitas seperti hari-hari biasanya, Sobat Bee bisa coba deh lakukan tips berikut.

Tips Biar Badan Tetap Fit Saat Puasa

Jangan jadikan puasa sebagai alas an untuk bermalas-malasan, meski sedang puasa harus tetap produktif dong. Iya gak nih? Nah biar tetap bisa melakukan aktivitas setiap hari seperti hari-hari biasnya dan badan tetap prima meski sedang berpuasa, lakukan beberapa tips berikut.

Source : pexels.com

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Rasa lapar dan haus kadang bikin kita tidak memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Sehingga kita nggak lagi tuh memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi sehat atau tidak. Padahal makanan yang nggak sehat justru bikin jadi cepat lapar dan haus.

Berikut beberapa pilihan makanan dengan gizi yang seimbang yang bisa jadi pilihan Sobat Bee.

  • Pilih makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh.
  • Konsumsi buah dan sayur setiap waktu makan.
  • Makan, makanan yang dikukus atau dipanggang daripada yang digoreng.
  • Konsumsi makanan penutup berbuka puas dalam porsi kecil.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Biar nggak dehidrasi, Sobat Bee perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh saat sedang berpuasa. Minum 8 gelas air putih dalam sehari. Ada metode yang bisa Sobat Bee terapkan untuk mencukupi kebutuhan 8 gelas air putih dalam sehari. Metode yang bisa Sobat Bee lakukan adala metode 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas saat sahur.

Istirahat Yang Cukup

Ketika sedang berpuasa kadang rasa kantuk sering hinggap. Jika memang sudah cukup lelah mengerjakan tugas, Sobat Bee bisa beristirahat sejenak barang 5 – 10 menit setelahnya baru kembali mengerjakan pekerjaannya.

Selain itu baiknya Sobat Bee juga mengatur pola tidur agar kebutuhan tidur tercukupi. Misalnya, tidur dan bangun pada jam yang sama untuk mengatur siklus sirkadian tubuh secara alami.

Atur Pola Makan

Source : pexels.com

Biar puasa tetap aman dan lancar ada beberapa hal yang perlu Sobat Bee lakukan saat sahur dan berbuka, yaitu :

  • Makan berlebihan bisa menganggu metabolisme tubuh dan jadi bikin cepet ngantuk. Hal tersebut tentu akan menganggu aktivitas harian. Oleh sebab itu ada baiknya Sobat Bee berbuka secara perlahan.
  • Ketika berbuka awalilah dengan mengonsumsi makanan ringam seprti kurma, sup, kolak, atau makanan pembuka lainnya. Setelahnya baru deh makan menu utamanya.
  • Pilih makanan yang sehat dan bergizi untuk sahur dan berbuka. Sobat Bee bisa batasi makanan dengan asupan gula, garam, kafein, gorenagn, makanan berlemak, dan makanan lainnya yang bisa menganggu kelancaran puasa.
  • Selain itu Sobat Bee juga perlu lho membagi pola makan selama puasa. Saat malam hari, baiknya membagi pola makan jadi tiga waktu biar nutrisi tubuh bisa tercukupi yaitu saat berbuka, setelah shalat tarawih, dan sahur.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Sobat Bee lakakukan agar aktivitas tetap lancar selama puasa. Namun ada baiknya juga jika Sobat Bee melihat kondisi tubuh masing-masing. Karena tiap orang kan punya cara makan yang berbeda buat kondisi tubuhnya.

At all semoga puasa Ramadan kali ini lancar hingga akhirnya sampai di Hari Raya Idul Fitri. Sehat-sehat ya kalian. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar