Nyobain Resep Es Teler Durian Buat Menu Takjil Puasa

Setelah seharian menahan haus saat puasa, berbuka dengan es teler menjadi alternative yang bisa Sobat Bee ambil sebagai penghilang dahaga. Apalagi kalau ditambah dengan durian yang manis dan harum baunya itu.

Selama bulan puasa ada banyak sekali pedagang es teler durian di setiap pasar takjil. Gimana nggak, habis kesegaran es teler dan rasa manisnya ini bikin yang melihat jadi tergoda untuk beli. Namun kalian bisa lho mencoba untuk bikin sendiri es teler durian di rumah. Caranya gampang banget.

Es Teler

Source : kompas.com

Es teler merupakan koktail buat asli buatan Indonesia. Es teler ini merupakan es isian buah seperti alpukat, kelapa muda, cincau, Nangka dan buah-buahan lainnya yang disajikan dengan santan, susu kental manis dan sirup rasa kelapa dan pandan, gula dan sedikit garam.

Asal Muasal Es Teler

Es teler diketahui berasal dari Kabupaten Sukoharjo. Minuman buah ini ditemukan oleh H Tukiman dan Hj Samijem Darmowiyono, warga Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada tahun 1957.

Di tahun 1967 pasangan H Tukiman dan Hj Samijem ini merantau ke Jakarta. Di Ibukota, mereka tidak langsung berjualan es teler. Awalnya mereka berdagang buah di Jakarta, tepatnya daerah Jalan Semarang, Menteng, Jakarta Pusat.

Mereka merasa hasil dari berdagang buah masihlah kurang untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka di Jakarta. Suatu hari Sanijem bermimpi ada yang menyarankan dirinya untuk berjualan yang segar-segar. Maka pasangan ini berinisiatif untuk berjualan es buah. Seiring berjalannya waktu, mereka barinovasi dengan mencampurkan buah Nangka, kelapa, alpukat, sirup dan susu pada es buah mereka. tanda diduga banyak orang menyukai campuran buah tersebut.

Awalnya es yang mereka jual masih bernama es campur biasa. Kemudian pada tahun 1976 ada seorang mahasiswa dari Universitas Indonesia yan membeli es campur mereka. Mahasiswa tersebut menyarankan “Bu diberi nama es teles saja, sekali sedot langsung teler sangking enaknya”. Sejak saatitu es teler racikan Bu Sanijem dikenal dengan nama Es Teles Sari Mulia Asli.

Hak Paten Es Teler

Dari pihak keluarga Pak Tukiman dan Bu Sanijem telah mematenkan merk dagang mereka yaitu es teler. Namun mereka tidak mempermasalahkan jika ada pedangan lain yang berjualan es teler.

Meski begitu, Kedai Es Teler Sari Mulia Asli tetap memasang tanda kalau disinilah es teler pertama kali dibuat yang berbunyi “Es Teler Pertama Indonesia”.

Resep Es Teler Durian

Source : idntimes.com

Bahan :

  • 4 biji durian, buang isinya
  • 2 buah alpukat, potong-potong atau bisa juga disendoki
  • 2 biji buah Nangka, potong dadu
  • 3 sdm nata de coco
  • 3sdm susu kental manis
  • 2 sdm biji selasih, rendam air panas secukupnya
  • Es batu serut, secukupnya
  • Kelapa muda serut, secukupnya
  • 3 sdm gula pasir, seduh dengan 4 sdm air panas

Cara Membuat

  1. Masukkan satu persatu isian ke dalam mangkul. Agar tampilan lebih menarik, tata isian berjajar agar warnanya cantik.
  2. Tuangkan susu kental manis dan gula cair
  3. Masukkan es batuserut dan durian di atasnya. Tuangkan susu kental manis sedikit lagi di atasnya.
  4. Es teler durian siap disajikan.

Itu tadi sedikit cerita tentang asal muasal es teler dan cara membuatnya. Ternyata untuk bikin es teler sendiri di rumah mudah banget kan! Nggak butuh waktu banyak juga kok untuk membuat satu mangkok.

Tidak ada komentar

Posting Komentar