5 Jajan Khas Ramadan Yang Selalu Diburu di Pasar Takjil

Ramadan menjadi momen yang spesial, selain merupakan bulan penuh berkah juga ada momen-momen khas yang selalu bisa dirasakan hanya di bulan ramadan. Salah satunya adalan momen ngabuburit dan berburu jajan di pasar takjil yang hanya ada di bulan ramadan saja.

pasar takjil
Source : ramadan.tempo.co

Pasar takjil ini hanya ada di bulan Ramadan karena emang khusus menjual makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa. Biasanya hadir dadakan di beberapa lokasi di Kota. Karena hanya hadir sebulan sekali selama setahun, penjualnya pun merupakan penjual kaki lima dengan lapak yang bisa dibongkar pasang. Pasar takjil ini biasanya hanya hadir di sore hari menjelang berbuka puasa dan tutup ketika makanan yang dijual telah habis.

Ada beragam makanan dan minuman yang dihadirkan di pasar takji. Kebanyakan merupakan kudapan manis yang bisa dimakan untuk membatalkan puasa ketika adzan maghrib berkumandang. Namun tak jarang juga yang menjual lauk dan sayur untuk menu berbuka.

Meski begitu ada beberapa menu yang menjadi incaran para pemburu takjil. Menu favorit ini kadang emang hanya ada di bulan ramadan saja. Berikut 5 jajanan khas ramadan yang selalu diburu di pasar takjil.

1. Kolak pisang

pasar takjil
Source : kompas.com

Kolak pisang merupakan hidangan yang terbuat dari pisang yang di kukus lalu dicampurkan dalam kuah santan dan diberi gula aren. Jajanan ini memiliki rasa gurih yang berasal dari santan dan manis dari gula aren dan pisang.

Kolak pisang bisa disajikan dalam kondisi hangat ataupun dingin (es). Jajanan yang berasal dari jawa ini kadang juga memiliki isian tambahan seperti ketela rebung yang dipotong kotak-kotak, singkong rebus hingga labu kuning.

Sajian ini jarang sekali ada saat hari-hari biasa, namun ketika bulan puasa banyak sekali yang menjual jajanan ini di pasaran. Karena emang kolak pisang ini menjadi jajanan favorit yang banyak diincar pemburu takjil.

2. Gorengan

menu takjil
Source : ners.unair.ac.id

Meski di harihari biasa kadang kita menemui penjual gorengan, namun saat bulan puasa seperti sekarang ini, penjual gorengan bisa menjamur dimana-mana. Hampir disetiap pasar takjil pasti ada penjual gorengan.

Menyantap gorengan untuk membatalkan puasa emang memiliki kenikmatan tersendiri. Beberapa jenis gorengan yang sering ditemui dan jadi incaran pemburu takjil diantaranya seperti pisang goreng, tahu brontak, weci/ ote-ote, mejes goreng, tempe mendoan dan ketela goreng.

3. Es buah

Setelah seharian menahan rasa haus dan lapar, berbuka puasa dengan es buah menjadi pilihan yang pas untuk menu berbuka puasa. Segarnya buah-buahan ditambah lagi dengan dinginnya es di dalamnya bisa menghilangkan rasa haus yang selama puasa ditahan. Di semua pasar takjil pasti ada banyak yang jual minuman menyegarkan ini.  

4. Cilok

Jajanan berbentuk bulat-bulat yang dimakan bareng dengan saus ini berasal dari sunda. Kata cilok sendiri diambil dari bahasa  sunda “aci” yaitu teping tapioka dan “dicolok”, sehingga bisa diartikan cilok adalah aci yang dicolok atau jajanan yang terbuat dari tepung tapioca yang cara makannya dengan ditusuk.

Cilok ini ada beragam macamnya, ada yang disajikan dengan saus kacang atau sous tomat dan pedas, ada pula yang dibakar. Dua-duanya merupakan jajanan favorit yang sering sekali dicari. Dan dapat dipastikan di setiap pasar takjil pasti ada akang-akang cilok yang jualan.

5. Es Dawet atau Es Cendol

menu takjil
Source : malang.hallo.id

Satu lagi jajanan khas yang hanya ada di bulan ramadan yaitu es cendol atau kalau orang jawa bilang es dawet. Jajan yang berbahan dasar cendol/ dawet dan santan ini jadi favorit menu berbuka karena rasanya yang manis dan gurih.

Itu dia 5 jajanan yang selalu dicari ketika Ramadan. Kalau kalian biasanya beli yang mana nih?


Tidak ada komentar

Posting Komentar