Menu Sahur Praktis Ala Negri Sakura Dengan Ayam Teriyaki

Selama puasa, umat muslim disunnahkan untuk melakukan makan sahur. Selain untuk mendapatkan pahala, makan sahur juga merupakan salah satu kunci agar kita bisa lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa yang dilakukan dari terbitnya hingga terbenamnya matahari.

menu sahur
Source : merdeka.com

Pemilihan menu untuk makan sahur juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Karena perlu mendapatkan makanan yang memiliki gizi yang seimbang untuk membantu aktivitas yang dilakukan sepanjang hari.

Tips Membuat Menu Sahur Bergizi

Agar badan tetap bugar sepanjang hari dan tidak mengganggu aktivitas yang dilakukan sepanjang hari, ada beberapa hal yang perlu sobat bee perhatikan dalam membuat menu masakan untuk makan sahur. Berikut tips sehat makan sahur yang bisa sobat bee lakukan.

1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek.

Karbohidrat komplek merupakan jenis karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untu diproses dalam tubuh. Karbohidrat komplek dinilai mampu memberikan energi secara konsisten dalam waktu yang lama sekaligus mencegah terjadinya penumpukan lemak.

Contoh : nasi merah, roti, gandum

2. Konsumsi buah dan sayur yang banyak.

Buah dan sayur merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan Kesehatan tubuh. Vitamin dan mineral yang dikandung dalam buah dan sayur ini memiliki manfaat sebagai antioksidan sehingga bisa mengurangi penyakit tidak menular terkait gizi, sebagai dampak kelebihan dan kekurangan gizi.

Buah dan sayur juga mengandung banyak serat yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula sehingga kadar gula dalam tubuh jadi stabil dan nggak berlebihan. Kurangnya konsumsi buah dan sayur bisa sebabkan gangguan pencernaan seperti kukrang lancarnya buang air besar.

3. Konsumsi air putih secukupnya

Selama berjam-jam tidak makan dan minum saat puasa, tubuh mungkin saja bisa kekurangan cairan. Oleh sebab itu, penting banget untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berbuka puasa.  Untuk memenuhi asupan air dalam tubuh saat puasa, ada baiknya untuk minum air putih secukunya saat sahur.

Ada metode yang bisa sobat bee lakukan untuk memenuhi asupan cairan tubuh selama puasa yaitu metode 2-4-2. Metode 2-4-2 adalah minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, minum 4 gelas air putih pada malam hingga menjelang tidur dan minum 2 gelas air putih saat sahur.

4. Konsumsi protein

Dalam keadaan normal, tubuh membutuhkan 10 hingga 35 persen kalori harian dalam bentuk protein. Fungsi protein sendiri untuk kekebalan tubuh serta membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

Ketika sahur, sobat bee bisa memenuhi kebutuhan protein harian dengan asupan dari makanan yang mengadung protein seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, keju, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Resep Ayam Teriyaki Untuk Menu Sahur

resep ayam teriyaki
Source : detikfood.com

Ayam teriyaki merupakan hidangan khas jepang yang terbuat dari potongan ayam dan dimasak dengan saus teriyaki sehingga menhasilkan rasa gurih dan tekstur yang juicy. Menu ayam teriyaki bisa menjadi menu yang kalian pilih karena penyajiannya yang praktis dan tak memakan waktu lama.

Apa saja yang diperlukan dalam membuat ayam teriyaki?

Bahan Utama

  • 250 gr daging ayam fillet
  • 1 butir bawang Bombay
  • 1 sachet saory saos teriyaki
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Wijen secukupnya
  • Nori secukupnya

Cara memasak

  1. Potong-potong daging ayam kotak-kotak lalu marinasi dengan garam dan merica bubuk lalu diamkan selama 5 menit.
  2. Cincang bawang Bombay
  3. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bawang Bombay lalu tumis hingga agak layu
  4. Masukkan potongan daging ayam, masak hingga matang
  5. Tambahkan saus saory saus teriyaki, masak hingga matang
  6. Sajikan di atas piring dan beri taburan wijen dan nori sesuai selera.
  7. Ayam teriyaki siap untuk dihidangkan.


Tidak ada komentar

Posting Komentar