1 Hari di Manggar, Ke mana Aja?

Manggar menjadi destinasi yang wajib banget kalian kunjungi saat traveling ke Pulau Belitung. Selain karena menjadi latar tempat buku dan film Laskar Pelangi, Manggar juga memiliki destinasi wisata alam dan budaya yang sangat menarik.

Satu hari berada di Manggar, bisa ke mana aja?

1. Vihara Dewi Kwan Im

vihara dewi kwan im belitung
Doc. Pribadi

Di Manggar, pembauran antara budaya Melayu dan Tionghoa nampak sangat jelas. Selama berada di negerinya laskar pelangi ini kalian akan banyak melihat Vihara atau Klenteng, tempat peribadatan orang Tionghoa.

Salah satunya Vihara Dewi Kwan Im yang berada di Jalan Raya Bandara Manggar, Burong Mandi, Kec Damar. Vihara ini merupakan vihara terbesar dan tertua di Belitung, dibangun pada tahun 1747. Kalau dihitung usianya sekarang sudah lebih dari 275 tahun.

Disebut Vihara Dewi Kwan Im karena memang merupakan tempat berdoa kepada Dewi Kwan Im. Di bagian belakang Vihara terdapat terdapat patung Dewi Kwan Im dengan tinggi 12 meter.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk bisa ke sini dari pusat Kota Manggar. Dan kalian bisa masuk tanpa perlu membayar tiket masuk.

Baca juga : Sepenggal Cerita Ketinggalan Pesawat di Belitung

2. Replika Sekolah Laskar Pelangi

replika SD Muhammadiyah Gantong
Doc. Pribadi

Mengunjungi tempat shooting Film Laskar Pelangi bisa kalian masukkan ke ittinerary kalian selama berada di Manggar. Bangunan sekolah sederhana yang dibuat pada tahun 2008 untuk keperluan shooting Film Laskar Pelangi ini masih berdiri dengan kokoh.

Lokasinya berada di Jalan Laskar Pelangi, Lenggang, Kec Gantung, Belitung Timur. Untuk memasuki Kawasan SD Laskar Pelangi ini, kalian hanya cukup membayar Rp. 5000 saja.

Di sini kalian bisa melihat ruangan-ruangan kelas yang sama persis dengan yang ada dalam film. Di dinding kelasnyapun terdapat foto-foto pemeran Laskar Pelangi.

Selain bisa berkeliling ke bangunan sekolah laskar Pelangi, kalian juga bisa membeli oleh-oleh khas Belitung. Di dekat loket penjualan tiket terdapat beberapa warga local yang menjual pernak-pernik dati batu satam, batu khas yang terdapat di Pulau Belitung.

Baca Juga : Nostalgia Film Laskar Pelangi Ke SD Muhammadiyah Gantong, Manggar

3. Pantai Burong Mandi

pantai burong mandi manggar
Doc. Pribadi

Manggar juga punya pantai yang indah lho! Nggak kalah indahnya dengan pantai yang berada di Tanjung Pandan. Pantai Burong Mandi misalnya, pantai yang berada di Kecamatan Damar, Belitung Timur ini memiliki keindahan alam yang sangat indah.

Lokasinya tak jauh dari Vihara Dewi Kwan Im, hanya sekitar 3 menitan berkendara. Pantai ini sudah terkenal sejak abad 17 an, ketika Belanda pertama kali masuk ke Belitung.

Pantai Burong Mandi dulunya dikenal dengan sebutan Borom Mandi atau Burum Mandi. Katanya dulu banyak sekali burung yang datang di Pantai ini. Kawanan burung itu terlihat seperti sedang mandi di tepi pantai. Oleh sebab itu masyarakat sana menamai pantai ini dengan sebutan Burong Mandi.

Pantai ini memiliki pasir yang putih, beberapa kapal nelayan nampak bersandar di tepi pantai menambah indahnya pemandangan. Kalian bisa duduk-duduk menikmati pemandangan di pinggir pantai dan memesan makanan atau minuman di beberapa kedai yang ada di sana.

Waktu aku ke sana tidak ada penarikan retribusi tiket masuk, mungkin karena masih dalam masa pandemic ya. Namun untuk saat ini mungkin ada penarikan biaya untuk masuk ke pantai.

4. Kampung Fifi

Rumah Fifi Manggar
Doc. Pribadi

Kampoeng Fifi ini dulunya bernama Kampoeng Ahok, karena merupakan tempat tinggal Basuki Tjahja Purnama yang lebih dikenal dengan Ahok, mantan Gubernur DKI Jakarta yang viral karena intregritas kerjanya yang tinggi. 

Karena permintaan dari Bapak Ahok sendiri yang tak ingin menjadikan Ahok sebagai panggilannya, karena kini beliau ingin dikenal dengan nama Basuki Tjahja Purnama. Akhirnya digantilah nama tempatnya menjadi Kampoeng Fifi yang merukapan nama dari adik kandungnya yaitu Fifi Lety Tjahja Purnama.

Di kampoeng Fifi kalian bisa melihat rumah panggung bergaya khas melayu dan tatanan rumah yang masih asli. Dan terdapat beberapa foto dan karikatur dari Bapak Basuki Tjahja Purnama dan keluarganya.

Itu tadi rekomendasi tempat yang bisa kalian kunjungi saat traveling ke Kota Manggar. Sudah nggak bingung lagi kan mau ke mana aja di Manggar untuk menghabiskan hari?

  


Tidak ada komentar

Posting Komentar