Nostalgia Film Laskar Pelangi ke SD Muhammadiyah Gantong, Manggar

sekolah sd muhammadiyah gantong
Doc. Pribadi

Bangka Belitung sudah berada dalam bucketlist travelingku sejak pertama kali membaca buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Latar kisah yang mengambil tempat di Manggar, Provinsi Bangka Belitung membuatku ingin segera bertandang ke sana.

Butuh waktu bertahun-tahun hingga akhirnya aku bisa menjejakkan kaki di Belitung pada tahun 2021 lalu. Pengalaman traveling pertama kali setelah pandemi melanda.

Kala itu paparan pandemi covid sudah mulai mereda dan Pemerintah memperbolehkan kunjungan ke beberapa tempat tertentu yang merupakan zona hijau yaitu lokasi dengan prosentase covid rendah. Dan Bangka Belitung menjadi salah satu tempat yang sudah diperbolehkan menerima kunjungan wiasata saat itu.

Manggar menjadi destinasi pertama yang aku kunjungi saat mendarat di Pulau Belitung. Tujuan utamanya tentu saja ke SD Muhammadiyah Gantong, SD tempat para anggota Laskar Pelangi menimba ilmu bersama  Bu Muslimah.

Replika SD Laskar Pelangi

wisata belitung sd laskar pelangi
Doc. Pribadi

Setelah mendarat di Bandar Udara Internasional H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, langsung kupacu motor sewaan menuju ke Manggar. Perjalanan dari Tanjung Pandan menuju Manggar membutuhkan waktu sekita 45 hingga 50 menit.

Tempat pertama yang aku kunjungi adalah replika SD Laskar Pelangi yang berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantong. Buat kalian yang pernah menonton film Laskar Pelangi pasti sangat familiar dengan SD ini.

Replika SD Laskar Pelangi merupakan tempat shooting film Laskar Pelangi garapan Riri Riza yang tayang pada tahun 2008. Film yang diadaptasi dari buku dengan judul yang sama ini mampu membangkitkan pariwisata Belitung kala itu. Dan karena film itu juga aku datang ke tempat ini.

Datang dan melihat langsung replika SD Laskar Pelangi ini membawaku kembali ke masa di mana Ikal, Mahar, lintang, Akiong dan teman-temannya sekolah di bangunan yang sangat sederhana ini. Merajut mimpi-mimpi dan harapan mereka tentang masa depan.

Tak luput pula kisah persahabatan 10 orang anak manusia dengan berbagai karakter dan latar belakang yang berbeda.

Kisah-kisah tentang mereka bisa kalian lihat dalam deretan foto yang dipajang di dinding kelas. Juga terdapat piala yang di pajang di dalam sebuah lemari kayu kaca, piala yang di dapat dari memenangkan lomba cerdas cermat tingkat kecamatan yang di menangkan oleh si jenius Lintang.

Dalam replika SD Laskar Pelangi ini ada 3 ruangan, namun yang bisa kalian masuki hanya 2 ruangan saja. Satu ruang kecil yang merupakanruang dan satu lagi ruang kelas yang ditata masih sama seperti ketika digunakan shooting film. Sedangkan satu kelas lagi pintunya terkunci sehingga tidak bisa dimasuki.

Di halaman sekolah terdapat lapangan upacara lengkap dengan tiang bendera danbendera merah putihnya yang berkibar diterpa angin. Juga terdapat sebuah papan dengan tulisan Replika Sekolah Laskar Pelangi.

Di belakang bangunan sekolah yang terbuat dari kayu itu terdapat halaman luas yang ditumbuhi ilalang.

Untuk masuk ke tempat ini kalian hanya butuh membayar Rp. 5000 saja. Jika kalian kesini kalian juga bisa singgah ke Rumah Keong yang terletak di sebrang bangunan SD ini.

Namun sayangnya waktu aku ke sana masih ditutup karena masih masa pandemi. Mungkin saja saat ini sudah dibuka kembali.

Buat kalian pecinta Laskar Pelangi mengunjungi tempat ini bisa bikin kalian bernostalgia dengan kelompok laskar Pelangi deh. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mengunjung replika SD Laskar Pelangi ini ketika berkunjung ke Manggar ya.


Tidak ada komentar

Posting Komentar