Traveling Saat Puasa? Kenapa Enggak? Simak Tipsnya

Traveling saat puasa bukan sebuah hal yang mustahil dilakukan lho! Kalau lagi puasa badankan lemes kalau terlalu banyak melakukan kegiatan? Belum lagi ribetnya kalau harus mencari tempat berbuka dan sahur. Beberapa dari Sobat Bee pasti kepikiran hal-hal seperti ini kan?

traveling puasa
Source : pexels.com

Penting banget untuk bisa menyeimbangkan antara ibadah dan traveling, oleh sebab itu biar ibadah tetap lancar meski sedang traveling ada beberapa hal yang perlu soba bee persiapkan. Berikut bakal aku bahas, apa saja sih yang perlu dipersiakan saat traveling di Bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Tips Traveling Aman dan Nyaman Saat Puasa

Sebenarnya ada keuntungan yang bisa Sobat Bee dapatkan ketika traveling saat bulan puasa seperti ini. Karena beberapa tempat wisata tidak seramai hari-hari biasanya. Namun ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan biar Sobat Bee tetap nyaman dan aman selama perjalanan berlangsung.

1. Pilih Destinasi yang Tepat

rekomendasi traveling
Source : pexels.com

Cari tau dulu tentang tempat yang mau dikunjungi, mau ke kota mana atau negara mana. Jika melakukan traveling ke luar negri coba Sobat Bee cari tu berapa lama waktu puasa di sana, karena akan mempengaruhi itinerary yang dibuat.

Rasa haus dan lama secara nggak langsung bisa jadi penghalan ketika traveling saat puasa. Oleh sebab itu usahakan pilih daerah yang tidak terlalu panas. Hal ini untuk mengantisipasi biar tubuh tidak dehidrasi. Karena selama perjalanan mulai pagi hingga mata hari tenggelam Sobat Bee tidak bisa makan dan minum.  

2. Berkegiatan Pagi dan Sore

Setelah shalat subuh, bisa tuh langsung siap-siap buat jalan-jalan pagi. Selain hawanya masih adem, kondisi tubuh juga masih dalam keadaan maksimal karena habis sahur.

Pilih destinasi wisata dekat dengan penginapan yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Dan tentunya pilih destinasi wisata yang sudah buka di pagi hari ya.

Selain itu waktu yang cocok untuk jalan-jalan saat puasa adalah sore hari. Sobat Bee bisa tuh gunakan waktu menunggu buka puasa sambil jalan-jalan. Bisa juga sebagai sarana ngabuburit menunggu saat berbuka.

3. Tentukan Lokasi Berbuka

rekomendasi traveling
Source : pexels.com

Selain memilih destinasi wisata dan membuat itinerary jangan lupa untuk menentukan lokasi berbuka puasa. Sebelum berangkat traveling usahakan Sobat Bee sudah tau nih nanti bakal berbuka di resto atau tempat makan mana. Hal ini biar ketika adzan maghrib berkumandang, Sobat Bee nggak kebingungan mau membatalkan puasa di mana.

Jika Sobat Bee traveling ke luar negri atau daerah dengan mayoritas penduduknya non muslim, ada baiknya cari tau dulu lokasi-lokasi restoran halal yang terdekat. Entah dekat dari destinasi wisata atau dekat dengan penginapan.

4. Sediakan Camilan dan Air Minum Dalam Tas

Sebelum keluar jalan-jalan, pastikan di dalam tas sudah ada camilan dan air minum. Untuk berjaga-jaga apabila dalam perjalanan nanti, Sobat Bee kesulitan menemukan restoran untuk sahur atau berbuka puasa.

Oleh sebab itu ada baiknya Sobat Bee selalu mempersiapkan makanan ringan seperti biscuit, coklat, roti, atau wafer untuk membatalkan puasa selama dalam perjalanan. Dan jangan lupa air minumnya ya.

5. Unduh Aplikasi Penunjuk Waktu Shalat, Buka dan Sahur

traveling puasa
Source : pexels.com

Selama perjalanan mungkin Sobat Bee berada di lokasi yang letaknya jauh dari masjid atau musola, sehingga tidak bisa mendengarkan suara adzan. Biar tetap bisa shalat tepat waktu, kini sudah ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui waktu shalat yang bisa Sobat Bee download di ponsel.

Beberapa diantaranya juga dilengkapi dengan alarm shalat yang bisa jadi pengingat Sobat Bee untuk berhenti sejenak dari aktivitas dan melakukan ibadah terlebih dahulu.

Selain itu, jangan lupa untuk menyisipkan lokasi masjid terdekat dalam setiap destinasi perjalanan. Hal ini bisa bantu Sobat Bee dalam menunaikan ibadah selama bulan puasa.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Sobat Bee lakukan ketika melakukan traveling saat puasa. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar

Posting Komentar