Kuliner Pasar Blauran Surabaya : Sate Klopo

Pasar blauran Surabaya

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya memiliki beragam makanan khas yang wajib banget dicoba, salah satunya adalah Sate Klopo. Sate Klopo ini merupakan menu yang diadaptasi dari Madura, secara ya Surabaya dan Madura iniletaknya berdekatan. Selain itu d Surabaya sendiri banyak suku Madura yang tinggal dan menetap.

Sate merupakan jenis makanan khas Indonesia yang bisa didapati diberbagai daerah. Setiap daerah memiliki ciri khas sate mereka sendiri. Misalkan saja sate madura yang terbuat dari daging kambing atau ayam disajikan dengan bumbu kacangnya yang coklat gelap karena di campur dengan kecap manis. Sate padang berbahan dasar daging sapi dengan bumbu kuning kentalnya. Sate klatak jogja terbuat dari daging kambing yang berbumbu garam.

Nah kalau Sate Klopo di Surabaya meski disebut sate klopo (kelapa) bahan dasar sate ini nggak sepenuhnya kelapa. Bahan dasarnya adalah daging kambing yang kemudian diberi taburan kelapa di atasnya.

Nah pas ke Surabaya kemarin itu sengaja mampir ke Pasar Blauran yang terletak di  Jalan Kranggan sebelah BG Junction. Pasar Baluran ini emang terkenal dengan penjual makanan khas Surabaya yang enak-enak.

Untuk ke Pasar Blauran dari terminal Bungurasih, kalian bisa langsung aja naik trans surabaya dengan rute Purabaya – Rajawali. Kalian cukup membayar Rp. 5000 saja, pembayaran bisa menggunakan uang elektronik seperti e-money, flazz, brizzi atau juga bisa dengan scan Qris. Nanti kalian turun di halte BG Juction. Nah dari BG Juction tinggal jalan aja ke Pasar Blauran.

Baca juga : Makan Nasi Punel Dekat Stasiun Bangil, Pasuruan

Sate Klopo Warung Cita Rasa Pasar Blauran

kuliner surabaya
Warung sate klopo yang aku kunjungi ini berada di pinggiran Pasar Baluran, jadi nggak perlu masuk ke dalam pasar. Merupakan warung kaki lima sederhana dengan masakan yang istimewa. Tempat duduknya merupakan bangku kayu dan meja yang menyatu dengan rombong jualannya.

Penjual membakar daging sate di samping rombong dekat dengan pinggiran jalan raya. Dari jauh sudah tercium aroma daging bakar dan gurih kelapa di dekat warung. Bikin yang lewat jadi tergoda untuk mampir.  

Sate klopo ini memiliki bahan dasar daging kambing yang ditaburi parutan kelapa. Setelah potongan daging kambing tertata rapi dalam satu tusukan, potongan daging tersebut ditaburi dengan kelapa parut. Setelah itu barulah dibakar di atas bara api sedang bersama-sama hingga daging matang dan parutan kelapa yang sedikit menghitam karena terkena bara api menempel ke daging.

kuliner surabaya
Peyajiannya sama seperti sate pada umumnya. Disajikan di atas piring dengan nasi panas yang di atasnya ditaburi serundeng (parutan kelapa yang dibumbui dan digoreng hingga kering). Lalu 5 tusuk sate klopo disajikan di samping nasi panas dan diberi sedikit saus kacang yang telah dicampur kecap manis. Paling enak kalo dimakan kerupuk bawang.

Satu gigitan sate klopo ini memberikan paduan rasa yang klop ketika dikunyah dalam mulut. Rasa gurih dari kelapanya, manis dari bumbu kacangnya dan rasa daging kambing yang empuk. Semua meluber jadi satu dalam mulut memberikan sensasi nikmat yang tak tertahankan. Bikin pingin nambah lagi dan lagi.

Untuk satu porsi sate klopo dan teh hangat kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp 25.000 saja. Termasuk harga yang ramah dikantong.

Nah itu tadi rekomendasi kuliner Surabaya yang bisa kalian coba ketika sedang berada di kota Pahlawan ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Tunggu ulasan kuliner dari berbagai kota lainnya ya.


Tidak ada komentar

Posting Komentar